SELAMAT DATANG

Definisi, pengertian fungsi jenis proyektor dan contohnya lengkap

definisi, pengertian fungsi jenis proyektor dan contohnya lengkap

Definisi / Pengertian Proyektor

Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar

Sejarah Proyektor


proyektor ditemukan di New York oleh Gene Dolgof. Awalnya LCD yang digunakan dengan system ada pada overhead proyektor. Tapi, LCD system tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Dengan susah payah akhirnya bisa sukses dan popular sampai saat ini. Mereka memulainya dengan teknologi yang digunakan dalam beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol televisi, LCD ini menggunakan system proyeksi di televisi set besar adalah untuk memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik sebagai sanggahan satu televisi 60 inci. Pada tahun 2004 dan 2005, LCD proyeksi datang dengan fitur yang lebih lengkap.

Fungsi Proyektor

  1. Sebagai alat presentasi
  2. Sebagai pemutar video (Home Teather)
  3. Sebagai media informasi


Jenis-jenis proyektor

  1. Proyektor digital - Digunakan untuk mengkonversi data gambar secara langsung dari computer ke sebuah layar melalui system lensa.
  2. Proyektor LCD - Bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor.
  3. Proyektor CRT - Memanfaatkan Proyektor kuno tabung gambar yang telah digunakan pada TV konvensional selama beberapa decade. 
  4. Proyektor DLP(Digital Light Processing) - Pada DLP, cahaya terlebih dahulu akan mengenal sebuah Color Filter. Kemudian warna yang diperoleh akan mengenai Digital Micromirror Devices (DMD). 
  5. Proyektor LCOS - Memanfaatkan dua teknologi yaitu LCD dan DLP. Resolusi teknologi kali ini diperhitungkan yang paling tinggi.LCOS memiliki control analog layaknya LCD dengan gradasi yang lebih baik.


CatatanBahwa proyektor bisa dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat memudahkan kegiatan manusia yang biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu materi,proyektor juga dapat menarik perhatian aundience termotivasi untuk menyimak apa yang disampaikan oleh penyaji materi. Seiring perkembangan jaman proyektor pun semakin canggih dan dengan fitur yang lebih lengkap.

Selamat Belajar Semoga Bermanfaat !!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi, pengertian fungsi jenis proyektor dan contohnya lengkap"

Post a Comment