SELAMAT DATANG

Definisi, Pengertian dan contoh Barcode

pada kesempatan ini saya akan membahas tentang barcode yang masih termasuk dalam perangkat input komputer serta cara kerja, fungsi dan jenis - jenis barcode


Pengertian Dan Fungsi Barcode

Pengertian Bar code:

Bar Code dapat diartikan sebagai sekumpulan code yg berbentuk garis-garis dan spasi, dimana masing-masing ketebalan setiap garis dan spasinya berbeda sesuai dengan isi code tersebut.

fungsi BarCode:

fungsi dari barcode yaitu sebagai sarana untuk mempermudah kita dalam menginput data dimana cara kerjanya input data otomatis.

Penemu Bar Code :

tahukah anda bahwa Barcode pertama kalinya diperkenalkan dan dipatenkan di Amerika oleh seorang yang sangat jenius siapa lagi kalau bukan Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver mereka adalah mahasiswa Drexel Institute of Technology pada akhir tahun 40-an.

Jenis-Jenis BarCode :

Jenis-jenisbarcodeyaitu:
1.LinearCode(Barcode1Dimensi)
2.Matrix Code ( Barcode 2 Dimensi).
  1. Linear Code (Barcode 1 Dimensi)
linearcodeterdiridari :
Code 39 (code 3 of 9) adalah sebuah barcode alphanumeric (barcode Full ASCII) yang memiliki panjang baris yang bervariasi. Implementasi barcode jenis ini adalah untuk inventory, asset tracking dan tanda pengenal identitas.
  • Code 128 adalah suatu barcode aplphanumeric (Full ASCII) yang memiliki kerapatan (density) sangat tinggi dan dengan panjang baris yang bervariasi. Penggunaan barcode jenis ini untuk sistem shiping and warehouse management
  • Interleaved 2 of 5, adalah sebuah barcode berbentuk numerik dan memiliki panjang baris yang bervariasi. Barcode jenis ini biasa digunakan untuk industri dan laboratorium.
  • UPC (Universal Prouct Code), adalah sebuah barcode numeric dan memiliki panjang baris yang tetap (fixed). UPC banyak digunakan untuk pelabelan pada produk-produk berukuran kecil/ritel.
  1. Barcode 2 Demensi
Barcode 2 Demensi, lebih canggih dibanding Linear Code karena bisa memuat ratusan digit karakter dan tampilannya pun berbeda dengan Linear Code). Pada Barcode 2 Demensi, informasi/data yang  besar dapat disimpan dalam ruang (space) yang kecil. Contoh Barcode 2 Demensi yaitu PDF417 yang dapat menyimpan lebih dari 2000 karakter dalam sebuah space 4.
Alat untuk membaca dan mencetak BarCode yaitu :Untuk membaca barcode menggunakan Barcode ScannerUntuk mencetak barcode menggunakan Barcode Printer.

ini adalah Merk alat-alat yang digunakan untuk membaca dan mencetak Barcode Barcode Scanner:
Datalogic, DENSO, CASIO, SYMBOL, UNITECH, INTERMEC, dan lain-lain.
Barcode Printer: SATO, ZEBRA, MONARCH, TEC, PRINTRONIX, dan Lain-Lain.

Sekian dulu artikel yang membahas tentang Barcode.. Masih banyak kekurangan isi artikel ini,, artikel ini cuma membahas pengertian, fungsi, dan jenis barcode

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi, Pengertian dan contoh Barcode"

Post a Comment