SELAMAT DATANG

Modul, Belajar, Code Editor (coding) Insert, Save pada Microsoft Visual Basic 6.0

Setelah semua yang Anda ketahui tentang pembuatan Form Database serta penggabungan form dan database, kini tiba saatnya untuk membuat coding atau code editor. Untuk keperluan tersebut, Anda dapat menggunakan coding yang telah disediakan posting sebelumnya (baca, Modul, Belajar, langkah - langkah Penggabungan Form dan Database Pada Microsoft Visual Basic 6.0   dan  Langkah - langkah membuat database) antara lain coding Insert dan Save sehingga anda lebih mudah memahami dan menjalankan program yang akan anda buat.

Penulisan Coding Insert (Tambah)


Berikut ini coding – coding yang akan anda tuliskan 
Memasukkan coding Insert dan Save. Coding Insert /Tambah Fungsi dari coding Insert/Tambah adalah untuk menambahkan data yang kita inputkan kedalam form sehingga dengan coding berikut ini data yang kita masukan akan otomatis masuk kedalam database yang kita buat. 

Panduan Membuat Coding Tambah 

Klik 2x pada Comman ButtonTambah dan Ketik coding berikut ini 
On Error GoTo a 
Data1.Recordset.AddNew 
Text1.SetFocus a: 
Command1.Enabled = False 
Command2.Enabled = True 
Command3.Enabled = False 
Command4.Enabled = False 
Command5.Enabled = False 
Command6.Enabled = True

Panduan Membuat Coding Simpan  

Fungsi dari coding Save/Simpan adalah untuk menambahkan data yang kita inputkan kedalam form sehingga dengan coding berikut ini data yang kita masukan akan otomatis tersimpan kedalam database yang kita buat. 

Klik 2x pada Comman Button Simpan dan Ketik coding berikut ini 

On Error GoTo b 
Data1.Recordset.Update 
Data1.Refresh 
Data1.Recordset.MoveLast b: 
Command1.Enabled = True 
Command2.Enabled = False 
Command3.Enabled = True 
Command4.Enabled = True 
Command5.Enabled = True 
Command6.Enabled = True

LATIHAN 

Bagian coding ini sangat menentukan keberhasilan program yang anda buat, sebaiknya tulislah coding dengan teliti dan seksama karena pada bagian penulisan coding ini dibutuhkan konsentrasi dan keakuratan yang tinggi karena apabila salah satu tanda baca atau perintah seperti tanda “.” (Titik) atau “,” coma yang anda tuliskan tertinggal menyebabkan program yang akan anda buat menjadi error (sesuaikan dahulu dengan nama file dan primary key dalam contoh). Untuk latihan menulis coding segera ketik ulang coding diatas dan disesuaikan dengan latihan form, database, dan penggabungan form dan database yang telah kita buat sebelumnya

Untuk Memahami latihan berikut ini anda wajib membaca Modul, Belajar, langkah - langkah Penggabungan Form dan Database Pada Microsoft Visual Basic 6.0   dan  Langkah - langkah membuat database terima kasih, Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modul, Belajar, Code Editor (coding) Insert, Save pada Microsoft Visual Basic 6.0"

Post a Comment